Rabu, 14 April 2010

TUGAS AKUNTANSI MANAJEMEN

TUGAS AKUNTANSI MANAJEMEN

Nama : Raka Fitriayu Perdani
Kelas : 3EA01
NPM : 10207882



ANGGARAN DALAM PERUSAHAAN

 Anggaran Penjualan
Anggaran penjualan adalah anggaran yang di buat untuk menentukan jumlah unit penjualan yang diperkirakan akan dijual di dalam suatu perusahaan untuk periode yang akan datang. Untuk menyusun anggaran penjualan ini perlu disusun peramalah penjualan perusahaan dengan mempergunakan model yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi dari penjualan produk perusahaan.

 Anggaran Produksi
Anggaran produksi merupakan rencana produksi dari sumber yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan penjualan sekarang, dan menjamin cukupnya tingkat persediaan untuk penjualan yang akan datang.

 Anggaran Biaya Bahan Baku
Anggaran biaya bahan baku adalah pembelian bahan baku langsung yang diperlukan untuk suatu periode anggaran sepanjang tahun yang dirinci untuk setiap jenis bahan baku untuk memenuhi kebutuhan produksi dan untuk tujuan persediaan yang diinginkan.


 Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung
Anggaran biaya tenaga kerja langsung merupakan perhitungan terhadap biaya tenaga kerja langsung yang dipergunakan di dalam pelaksanaan proses produksi. Karena tenaga kerja langsung salah satu unsur pembentuk harga pokok produksi. Tanpa adanya pengendalian tenaga kerja langsung yang baik, maka besar kemungkinan bahwa biaya tenaga kerja langsung ini menjadi lebih besar dari biaya yang sewajarnya, sehingga harga pokok produksi akan menjadi bertambah besar.

 Anggaran Biaya Overhead Pabrik
Anggaran Biaya Overhead Pabrik adalah menetapkan besarnya tarif biaya overhad pabrik atas dasar anggaran biaya overhead pabrik yang akan dikeluarkan pada tahun yang akan datang yang dibebankan kepada setiap unit produk yang diproduksikan. . Biaya overhead pabrik terdiri dari seluruh biaya yang terjadi di dalam pabrik kecuali biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.

 Anggaran Persediaan
Anggaran Persediaan adalah jumlah persediaan yang dibutuhkan untuk bahan baku langsung dan persediaan produk jadi untuk anggaran harga pokok produk dijual dan neraca dianggarkan secara terinci untuk persediaan akhir yang diharapkan dan unit produk yang terjual.

 Anggaran Biaya Non Produksi
Anggaran Biaya Non Produksi merupakan struktur terinci yang tidak termasuk dalam biaya-biaya produksi penunjang kegiatan produksi sehingga tidak akan mempengaruhi penjualan yang sudah dianggarkan dan kebutuhan persediaan.

 Anggaran Pengeluaran Modal
Anggaran Pengeluaran Modal adalah anggaran yang dibuat untuk mengumpulkan laba sebanyak-banyaknya dengan mengeluarkan semua aktiva atau modal yang dimiliki. Oleh karena itu dalam anggaran ini harus sangat teliti dalam mengambil keputusan untuk menghindari kerugian yang sangat besar.

 Anggaran Kas
Anggaran kas adalah suatu laporan kas yang ada pada awal, penerimaan kas yang diharapkan, pengeluaran kas yang diharapkan, dan salso kas yang dihasilkan pada akhir periode anggaran. Mempersiapkan anggaran kas (cash budget) mensyaratkan bahwa semua pendapatan, biaya, dan transaksi lainnya diuji pengaruhnya terhadap kas. Penerimaan kas yang dianggarkan dihitung dari pengumpulan piutang usaha, penjualan tunai, penjualan aktiva, peminjaman, penerbitan saham, dan kegiatan lainnya yang menghasilkan kas.

 Anggaran Rugi Laba
Anggaran Rugi Laba merupakan hasil akhir dari semua anggaran operasional seperti penjualan, harga pokok penjalan, biaya komersil dan biaya adminstrasi dan keuangan diringkas dalam laporan laba-rugi dianggarkan.

 Anggaran Neraca
Anggaran neraca adalah laporan posisi keuangan yang menggabungkan estimasi posisi keuangan pada awal periode anggaran dengan hasil operasi yang diestimasi untuk suatu periode (dari perhitungan laba rugi), dan perubahan aktiva dan kewajiban yang diestimasi.

 Anggaran Perubahan Posisi Keuangan
Anggaran Perubahan Posisi Keuangan adalah anggaran yang memuat mengenai rencana perubahan aktiva, utang, dan modal perusahaan selama periode yang dianggarkan untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar