Selasa, 13 Oktober 2009

SEGMENTASI PASAR

Sebagai pelaku ekonomi kita harus mengetahui apa itu segmentasi pasar. Menurut saya segmentasi pasar yaitu suatu proses membagi pasar menjadi bagian per bagian atau irisan per irisan konsumen yang khas yang mempunyai kebutuhan atau sifat yang sama dan kemudian memilih satu atau lebih segmen yang akan dijadikan sasaran. Sebelumnya, cara paling umum yang dilakukan untuk menjaring konsumen adalah dengan melalui pemasaran masal.
Untuk memasarkan kebutuhan primer atau pokok, cara ini masih sangat tepat. Banyak perusahaan pemasar kebutuhan pokok sukses menerapkan pemasaran masal. Tetapi kenyataannya berkata lain manakali diterapkan perusahaan pemasar produk lain, semisal barang elektronik. Seperti Sanyo, LG, Pannasosic, dan lain-lain. Ini beralasan, karena untuk kebutuhan non primer, konsumen cenderung mempertimbangkan hal-hal lain selain pertimbangan kebutuhan. Dan ini jelas melahirkan variasi keinginan konsumen berbeda
Segmentasi memungkinkan pemasar menghindari persaingan langsung. Ini dimungkinkan karena mereka bisa “tampil beda” dengan kompetitornya, melalui perbedaan harga, corak, kemasan, daya tarik promosi, cara distribusi dan service memadai. Para pemasar menyadi, biaya riser segmentasi pasar, berkurangnya volume per produksi dan kampanye promosi yang “lain”, memang membutuhkan dana lebih. Tetapi, kenyataan menunjukkan, strategi segmentasi pasar senantiasa diimbangi peningkatan penjualan yang significan, Di sisi lain, jika untuk ini produsen terpaksa menaikkan harga, konsumen umumnya tidak mempermasalahkan sepanjang layanan yang diberikan memuaskan.
Dalam pelaksanaannya, segmentasi pasar terbagi melalui tiga tahap utama, yakni :
1. Membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok homogen.
2. memilih satu segmen atau lebih untuk dijadikan target, dengan cara mengambil keputusan atas dasar bauran pemasaran yang khusus yakni produk, harga saluran dan daya tarik promosi.
3. menentukan posisi produk ( product positioning) sehingga bisa dirasakan konsumen dalam setiap segmen yang dijadikan ditargetkan sebagai produk yang memberikan kepuasan lebih baik daripada berbagai penawaran lainnya.

Referensi : http://consumerbehaviour.blogsome.com/2007/10/10/segmentasi-pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar