Selasa, 13 Oktober 2009

ANALISA PENELITIAN PENJUALAN DAN PASAR

ANALISA PENELITIAN PENJUALAN DAN PASAR
Hotniar Siringringo
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

Latarbelakang :
Setiap perusahaan yang menyadari kelangsungan hidupnya tergantung dari penerimaan pasar terhadap produknya akan memberikan perhatian yang cukup besar apda penelitian pemasaran. Salah satu alasan keengganan manajemen memperhatikan penelitian pemasaran adalah anggapan bahwa kegiatan itu membutuhkan dana yang cukup besar. Penelitian penjualan dan pasar sebagaimana penelitian pemasaran lainnya pada umumnya menggunakan instrument daftar pertanyaan atau wawancara dalam pengumpulan data. Potensi pasar merupakan perkiraan permintaan maksimum dalam satu periode waktu berdasarkan pengguna potensial dan laju pembelian.

Permasalahan :
Ada beberapa masalah yang muncul dalam penelitian ini dalam pengukuran realibillitas :
1. Tidak memungkinkan melakukan pengulangan pengukuran untuk responden yang sama.
2. Respon subjek dapat berubah pada pengukuran yang kedua.
3. Faktor situasional mungkin berubah yang menyebabkan pengukuran kedua harus berubah.

Tujuan :
Analisa penjualan salah satunya digunakan untuk memprediksi volume penjualan.

Hasil :
Sebagaian besar data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Data primer yang di butuhkan pada umumnya menggunakan teknik survey dalam pengumpulannya. Kesalahan sistematik dan acak berhubungan dengan validitas sedangkan realibillitas menunjukkan kesalahn acak.
Metodelogi :
Prediksi volume penjualan menggunakan metode peramalan eksploratif ataupun kausal. Penggunaan metode eksploratif dipilih jika data histories sudah dimiliki, artinya metode ini hanya dapat dilakukan kalau perusahaan sudah menjual produk periode sebelumnya dan produk sudah masuk pada kurun waktu mapan pada kurva pertumbuhannya.
Penelitian penjualan dan pasar sebagian menggunakan data sekunder dan sebagian lagi menggunakan data primer dan pada umumnya merupakan data eksternal. Data yang diperoleh dari konsumen merupakan data primer. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dari konsumen adalah realibillitasnya.
Penentuan karakteristik pasar dapat dilakukan menggunakan teknik survey dan pengamatan. Data yang dibutuhkan berupa informasi tentang konsumen. Konsumen dapat dibedakan berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat pendapatan, level pendidikan, pola konsumsi, lokasi (tempat tinggal), dan lain-lain. Semua informasi ini dapat diperoleh langsung dari konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar