Selasa, 13 Oktober 2009

PERILAKU KONSUMEN PADA SAAT MENJELANG LEBARAN 2009

Lebaran sudah berakhir. Dapat kita lihat bagaimana perilaku konsumen pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Yang saya lihat perilaku masyarakat cenderung melakukan kegiatan komsumtif. Hal ini dapat kita lihat bahwa banyaknya masyarakat yang berbelanja ketika menjelang lebaran. Hal ini tentulah dimanfaatkan oleh produsen dalam menawarkan produknya kepada konsumen. produk mana yang paling banyak di minati saat menjelang lebaran , ada yang menawarakan diskon atau promosi produknya namun kita selaku konsumen pun harus cermat dalam memilih produk yang akan kita gunakan .
Oleh sebab itu kita selaku konsumen harus cermat dalam mengatur keuangan ,apakah kita harus berbelanja produk yang berlebihan pada saat menjelang idul fitri padahal produk tersebut tidaklah begitu penting. Sebab suasana lebaran selalu identik dengan sesuatu yang baru . makanya kita selaku konsumen harus selalu cermat dalam mengelola keuangan kita. apakah saudara ingin menjadi orang yang tergolong boros?. oleh sebab itu kita harus menjadi konsumen yang tidak hanya selalu melakukan kegiatan komsumtif secara berlebihan.
Biasanya barang-barang yang paling banyak dikonsumsi oleh konsumen yaitu bahan pangan atau sembako. Seperti daging sapi, daging ayam, cabai, bawang merah dan putih, minyak goreng, dan juga bahan-bahan untuk membuat kue yaitu seperti, tepung terigu, gula pasir, telur, mentega, dan lainnya. Bukan rahasia umum lagi bahwa harga-harga sembako pada saat menjelang lebaran akan naik drastic hingga 3 kali lipat harga normalnya.
Harga naik seperti ini rutin terjadi pada saat menjelang bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun tidak hanya Hari Raya Idul Fitri saja tapi Hari Besar lainnya pun juga terjadi penaikan harga seoerti ini seperti Hari Raya Natal, Nyepi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar