Minggu, 10 Januari 2010

TUGAS RANGKUMAN SIM

TUGAS
RANGKUMAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
( SIM I )

3EA01

NAMA ANGGOTA

FINNA PUSPA KENCANA SARI ( 10207468 )
NUR ANISA EKA UTAMI ( 10207810 )
YOGI SUDRAJI ( 11207197 )





FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2009/2010











Konsep dasar Sistem, Informasi & Sistem Teknologi Informasi

A.Definisi Sistem dan Informasi

*SISTEM*

Sistem adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan dan pengawasan dalam organisasi.
Sistem adalah kumpulan dari unsur/elemen-elemen yang saling berkaitan/berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Contoh :
- Sistem Komputer terdiri dari : Software, Hardware, Brainware
- Sistem Akuntansi, dll
Sistem adalah :
“Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi
penggunanya”.
“Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi”.
“Sekumpulan prosedur manual atau terkomputerisasi yang mengumpulkan/mengambil, mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi dalam mendukung pengambilan dan kendali keputusan”
“Sekelompok orang, prosedur, input, output dan pengolahannya secara bersama-sama
menghasilkan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan bagi penggunanya”


Menurut Jerry FithGerald ;
sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Menurut Ludwig Von Bartalanfy ;
Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Menurut Anatol Raporot ;
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain
Menurut L. Ackof ;
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
Menurut Robert A. Leitch ; sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan- laporan yang diperlukan.
METODE SISTEM.
A. BLACKBOX APPROACH.
Suatu sistem dimana input dan outputnya dapat didefinisikan tetapi prosesnya tidak
diketahui atau tidak terdefinisi.
Metode ini hanya dapat dimengerti oleh pihak dalam (yang menangani) sedangkan
pihak luar hanya mengetahui masukan dan hasilnya. Sistem ini terdapat pada
subsistem tingkat terendah.
Contoh : - bagian pencetakan uang, proses pencernaan.

B. ANALITYC SISTEM.
Suatu metode yang mencoba untuk melihat hubungan seluruh masalah untuk
menyelidiki kesistematisan tujuan dari sistem yang tidak efektif dan evaluasi pilihan
dalam bentuk ketidak efektifan dan biaya. Dalam metode ini beberapa langkah
diberikan seperti di bawah ini :
a. menentukan identitas dari sistem.
· sistem apa yang diterapkan.
· batasannya.
· apa yang dilaksanakan sistem tersebut.
b. menentukan tujuan dari sistem.
· output yang dihasilkan dari isi sistem.
· fungsi dan tujuan yang diminta untuk mencoba menanggulangi
lingkungan.
c. bagian-bagian apa saja yg terdapat dalam sistem dan apa tujuan dari masingmasing
bagian tersebut.
· tujuan masing- masing bagian sistem harus jelas.
· cara apa yang digunakan subsistem untuk berhubungan dengan subsistem
lain.
d. bagaimana bagian-bagian yang ada dalam sistem itu saling berhubungan
menjadi satu kesatuan.

*INFORMASI*
Konsep Dasar Informasi:
Informasi : data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi == input - proses – output.
Informasi : data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan berrmanfaat bagi manusia
Data merupakan raw material untuk suatu informasi. Perbedaan informasi dan data sangat relatif tergantung pada nilai gunanya bagi manajemen yang memerlukan. Suatu informasi bagi level manajemen tertentu bisa menjadi data bagi manajemen level di atasnya, atau sebaliknya.
Representasi informasi: pelambangan informasi, misalnya: representasi biner.
Kuantitas informasi: satuan ukuran informasi. Tergantung representasi. Untuk representasi biner satuannya: bit, byte, word dll.
Kualitas informasi: bias terhadap error, karena: kesalahan cara pengukuran dan
pengumpulan, kegagalan mengikuti prosedur prmrosesan, kehilangan atau data tidak
terproses, kesalahan perekaman atau koreksi data, kesalahan file histori/master, kesalahan prosedur pemrosesan ketidak berfungsian sistem.
Umur informasi: kapan atau sampai kapan sebuah informasi memiliki nilai/arti bagi
penggunanya. Ada condition informasion (mengacu pada titik waktu tertentu) dan operating information (menyatakan suatu perubahan pada suatu range waktu).
Kualitas Informasi ; tergantung dari 3 hal, yaitu informasi harus :
· Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau
menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan masudnya.

· Tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh
terlambat.
· Relevan, berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi
informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
Nilai Informasi ; ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.
Definisi Sistem Informasi:
Komponen Fisik Sistem Informasi:
· Perangkat keras komputer: CPU, Storage, perangkat Input/Output, Terminal untuk
interaksi, Media komunikasi data
· Perangkat lunak komputer: perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitinya),
perangkat lunak umum aplikasi (bahasa pemrograman), perangkat lunak aplikasi
(aplikasi akuntansi dll).
· Basis data: penyimpanan data pada media penyimpan komputer.
· Prosedur: langkah-langkah penggunaan sistem
· Personil untuk pengelolaan operasi (SDM), meliputi:
- Clerical Personnel (untuk menangani transaksi dan pemrosesan data dan melakukan
inquiry = operator);


- First level manager: untuk mengelola pemrosesan data didukung dengan
perencanaan, penjadwalan, identifikasi situasi out-of-control dan pengambilan
keputusan level menengah ke bawah.
- Staff specialist : digunakan untuk analisis untuk perencanaan dan pelaporan.
- Management: untuk pembuatan laporan berkala, permintaan khsus, analisis khusus,
laporan khsusus, pendukung identifikasi masalah dan peluang. Aplikasi = program
+ prosedur pengoperasian.
Sistem informasi dapat diklasifikasikan sebagai sistem informasi formal dan informal.
Sistem Informasi Formal adalah sistem informasi yang memiliki prosedur dan kebijaksanaan tertulis dalam dokumen. contoh Undang-undang pajak penjualan.
Sistem Informasi Informal adalah sistem informasi yang memiliki prosedur dan
kebijaksanaan tidak tertulis dalam dokumen, contoh pemberian diskon penjualan secara tidak terduga.
Ada 4 operasi dasar dari sistem informasi yaitu
Mngumpulkan, mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi. Informasi mungkin dikumpulkan dari lingkungan dalam atau luar dan memungkinkan didistribusikan ke dalam atau ke luar organisasi.
Contoh sebuah sistem informasi penjualan Pengumpulan Data Transaksi dan faktur penjualan, transaksi pemesanan Pengolahan Hitung total penjualan faktur, hitung rekapitulasi penjualan perhari /perminggu / perbulan / pertahun. Rugi/laba penjualanPenyimpanan Data penjualan, konsumen, supplier Distribusi Pelanggan, manajer penjualan dan pimpinan Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual,model manajemen dan basis data.


Istilah Sistem Informasi
= Manajemen Information System
= Information Processing System
= Information Decision System
= Information System.
Semuanya mengacu pada sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk mendukung operasi, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan suatu organisasi.
B. Definisi sistem informasi :
1. Turban, McLean, dan Wetherbe (1999)
Sistem informasi adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
2. Bodnar dan HopWood (1993)
Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
3. Alter (1992)
Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan.
Teknologi informasi adalah suatu istilah yang mendeskripsikan kombinasi dari computer technology (hardware and software) dengan telecommunications technology (data, image, and voice networks).






Teknologi sistem informasi adalah suatu alat bagi manager untuk menyesuaikan diri dengan perubahan linguangan usahanya. Bahkan sekarang sisitem informasi memainkan peran penting dalam organisasi, dimana sebanyak organisasi bisnis sangat tergantung pada kemampuan teknologi informasinya. teknologi yang dimaksud misalnya perangkat keras, komputer yang digunakan untuk membantu aktifitas, input, processing dan output dalam suatu sistem informasi.software komputer yang terdiri dari instruksi-intruksi yang telah diprogram untuk mengontrol dan mengkoordinasi kerja perangkat keras komputer,teknoologi penyiimpanan data, teknologi telekomunikasi yang memudahkan bagi manajer berhubungan dari satu tempat ketempat lain

C. Karakteristik Sistem
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu:

1.      Komponen-kompenen (Components)
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, artinya saling bekerjasama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen dapat berupa subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mepengaruhi proses sistem secara keseluruhan.

2.      Batas Sistem (Boundary)
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luar. Batas suatu sistem menunjukan ruang lingkup dari sistem tersebut.

3.      Lingkungan Luar Sistem (Environment)
Lingkungan luar sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
4.      Penghubung sistem (Interface)
Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya.





5.      Masukan Sistem (Input)
Masukan adalah energi yang dimasukan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintance input) dan masukan sinyal (signal input). Maintance input adalah energi yang dimasukan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk mendapat keluaran. Sebagai contoh di dalam komputer, program adalah maintance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan signal input untuk mengolah menjadi informasi.

6.      Keluaran Sistem (Output)
Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisanya dibuang.

7.      Pengolahan Sistem (Proscess)
Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolahan yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Seperti aplikasi sistem administrasi arsip dinamis akan mengolah data persuratan menjadi rekapitulasi dan laporan lainnya.

8.      Sasaran atau Tujuan Sistem (Target/Goal)
Suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran. Kalau sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak ada gunanya. Sasaran dari sistem akan menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan.

D. Klasifikasi Sistem

Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandangan, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Sistem abstrak dan sistem fisik
Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Sedangkan sistem fisik adalah sistem yang ada secara fisik

2.      Sistem alamiah dan sistem buatan manusia
Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat manusia. Sedangkan sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia.

3.      Sistem tertentu dan sistem tak tentu
Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Interaksi antara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti, sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan. Sistem tak tentu adalah sistem kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.

4.      Sistem tertutup dan sistem terbuka
Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak terhubung dan tidak berpengaruh dengan lingkungan kuarnya. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan berpengaruh dengan lingkungan luarnya.

E. Dasar-dasar Pemilihan Sistem

Sebuah sistem dipilih berdasarkan studi kelayakan, studi kelayakan adalah proses mempelajari dan menganalisa masalah yang telah ditentukan sesuai dengan tujuan akhir yang dicapai. Ada lima aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam menilai suatu studi kelayakan, diantaranya adalah:

1.      Kelayakan Teknis
Sebuah masalah mempunyai kelayakan teknis, jika dirancang bangun sistem dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan hardware dan software yang tersedia, yaitu yang ada atau yang dapat dimiliki. Dengan kata lain sistem yang nanti akan diterapkan menggunakan teknologi lama atau teknologi baru.

2.      Kelayakan Operasi
Sebuah masalah mempunyai kelayakan operasi jika rancang bangun sistem dapat menyelesaikan masalah personil atau ptosedur yang disediakan, yaitu yang ada atau dimiliki, dengan kata lain apakah sistem yang dirancang akan mengubah cara kerja dan struktur organisasi yang telah ada dan telah berjalan saat ini, sehingga dalam memeriksa aspek kelayakan operasi, sistem analisa semestinya memperhitungkan reaksi atau perubahan sistem.





3.      Kelayakan Ekonomis
Sebuah masalah mempunyai kelayakan ekonomis jika rancang bangun sistem dapat menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu dan anggaran biaya yang masuk akal, misalnya keuntungan sistem melebihi biaya penyusunan sistem, dengan kata lain apakah sistem yang dirancang lebih menguntungkan dari segi ekonomis. Dalam menghitung kelayakan ekonomis jauh lebih kompleks dibandingkan menghitung kelayakan teknis dan operasi.

4.      Kelayakan Jadwal Waktu
Pertanyaan mengenai kelayakan dari segi jadwal waktu ini timbul apabila suatu usulan rancang bangun sistem disertai dengan batas waktu tertentu. Perhatian atas batas waktu, sekali lagi tergantung pada pengetahuan dan pengalaman sistem analisa tertentu tentang masalah-masalah di dalam pengembangan software khususnya dalam bidang programming dan kegiatan lain yang berhubungan dengan komputer.

5.      Kelayakan Personil
Sistem database baru maupun hasil modifikasi adalah sarana untuk suatu perubahan. Manusia secara naluriah pada umumnya akan menentang adanya perubahan-perubahan. Jadi akan selalu timbul konflik di dalam membangun dan implementasikan suatu sistem database. Oleh sebab itu suatu studi kelayakan haruslah mempertimbangkan faktor manusia tersebut.
F. Beberapa persyaratan umum dalam sistem, yaitu :
A. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan.
B. Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.
C. Adanya hubungan diantara elemen sistem.
D. Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi dan material) lebih penting daripada elemen sistem.
E. Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.

Antar elemen, interaksi antara elemen dengan lingkungannya, dan yang terpenting adalah sistem harus mempunyai tujuan yang akan dicapai. Berdasarkan persyaratan ini, sistem dapat didefinisikan sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainnya untuk suatu tujuan bersama.  
G. Kumpulan elemen terdiri dari :
manusia
mesin
prosedur
dokumen
data
elemen lain yang terorganisir dari elemen-elemen tersebut
Sistem Informasi adalah suatu kumpulan dari orang-orang, data, proses dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung suatu organisasi

H. Konsep Dasar Sistem Informasi
Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
I. Adapun fungsi-fungsi informasi adalah sebagai berikut :
Untuk meningkatkan pengetahuan bagi si pemakai
Untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan pemakai
Menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari sesuatu hal.

Informasi yang berkualitas harus :
akurat,
tepat pada waktunya
relevan
Informasi dalam suatu lingkungan sistem informasi harus mempunyai persyaratan umum sebagai berikut :
harus diketahui oleh penerima sebagai referensi yang tepat
harus sesuai dengan kebutuhan yang ada dalam proses pembuatan / pengambilan keputusan
harus mempunyai nilai surprise, yaitu hal yang sudah diketahui hendaknya jangan diberikan
harus dapat menuntun pemakai untuk membuat keputusan. Suatu keputusan tidak selalu menuntut adanya tindakan.
J. Sistem informasi harus mempunyai beberapa sifat seperti :
Pemrosesan informasi yang efektif.
Manajemen informasi yang efektif.
Keluwesan.
Kepuasan pemakai.
K. Komponen Sistem Informasi
Sistem informasi mempunyai enam buah komponen atau disebut juga dengan blok bangunan (building block), yaitu :
Komponen input atau komponen masukan
Komponen model
Komponen output atau komponen keluaran
Komponen tekologi
Komponen basis data
Komponen kontrol atau komponen pengendalian.





L. HUBUNGAN PENGELOLA DENGAN SISTEM INFORMASI
Pada bagian 1 sudah disebutkan bahwa salah satu komponen dari sistem informasi adalah personel sebagai pengelola informasi. Oleh karena itu hubungan antara sistem informasi dengan pengelolanya sangat erat. Sistem informasi yang dibutuhkan sangat tergantung dari kebutuhan pengelolanya.
Pengelola sistem informasi terorganisasi dalam suatu struktur manajemen. Oleh karena itu bentuk / jenis sistem informasi yang diperlukan sesuai dengan level manajemennya.
Manajemen Level Atas: untuk perencanaan strategis, kebijakan dan pengambilan keputusan.
Manejemen Level Menengah: untuk perencanaan taktis.
Manejemen Level Bawah: untuk perencanan dan pengawasan operasi
Operator: untuk pemrosesan transaksi dan merespon permintaan.
Untuk pengembangan sebuah sistem informasi diperlukan struktur manajemen organisasi personil. Strutktur dasarnya:
Direktur Sistem Informasi
Manajer Pengembangan Sistem
Analis Sistem
Programmer
Manejer Komputer dan Operasi.
Variasi struktur manajemen sangat tergantung pada Managerial Efficiency vs User Service.




M. PENDEKATAN SISITEM INFORMASI
Sistem Informasi dipelajari di berbagai disiplin ilmu, seperti :
1. Ilmu Komputer ; yang berkaitan dengan teori-teori perhitungan, metode komputasi
dan metode penyimpanan dan akses data yang efisien.
2. Ilmu Manajemen ; yang memberikan penekanan pada model-model normatif dari
pembuatan/pengambilan keputusan dan praktek manajemen.
3. Riset Operasional ; yang berfokus pada teknik-teknik matematis untuk
mengoptimalkan parameter-parameter organisasi yang terpilih, seperti biaya
transportasi, kendali persediaan dan biaya transaksi.
4. SIM ; yang memusatkan pada sistem informasi yang berkaitan dengan komputer dan merupakan gabungan/kombinasi dari ilmu komputer, ilmu manajemen dan riset
operasional untuk membentuk sistem dan aplikasi.
5. Sosiologi ; yang berpusat pada pengaruh-pengaruh sosial group dan organisasi dan
kegunaan sistem.
6. Ilmu Politik ; yang berkaitan dengan pengaruh-pengaruh politik dan kegunaan
informasi. (mencoba untuk mengubah distribusi keuntungan dalam masyarakat)
7. Psikologi ; yang menekankan pada respon-respon individual terhadap realitas sistem
dan model- model cognitive dari alasan manusia à pekerjaan-pekerjaan, tugas seperti
aplikasi mikrokomputer, database, client personal




REFERENSI

http://images.faizrafdhi.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SovnkQoKCt8AAG9Gbd81/konsep%20dasar%20SI.zip?nmid=271763491
http://encangsaepudin.wordpress.com/2009/01/05/konsep-dasar-sistem/
http://robby.c.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7637/KONSEP+DASAR.ppt

Muhammad Fakhri Husein, S.E & Amin Wibowo, S.E, MBA, SIM, AMP YKPN, 2000
http://blog.re.or.id/konsep-dasar-sistem-informasi-definisi-sistem-informasi.htm

tugas sistem informasi manajemen

TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Nama : Raka Fitriayu Perdani
Kelas : 3EA01
NPM : 10207882



UNIVERSITAS GUNADARMA

Perkembangan dan Peranan Sistem Teknologi Informasi

1.Sebutkan Teknologi yang di gunakan Sistem Teknologi Informasi ?
Teknologi yang digunakan yaitu antara lain; konsep dasar, teknologi, aplikasi, pengembangan dan pengelolaan.
2.Dimana aplikasi internal Sistem Teknologi Informasi diterapkan ? Beri contoh untuk aplikasi internal.
Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang efektif merupakan komponen penting dalam manajemen Bank dan menjadi dasar bagi kegiatan operasional Bank yang sehat dan aman. Sistem Pengendalian Intern yang efektif dapat membantu pengurus Bank menjaga aset Bank, menjamin tersedianya pelaporan keuangan dan manajerial yang dapat dipercaya, meningkatkan kepatuhan Bank terhadap ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta mengurangi risiko terjadinya kerugian, penyimpangan
dan pelanggaran aspek kehati-hatian.
3.Bagaimana aplikasi ekternal dari Sistem Teknologi Informasi? Jelaskan !
4.Jelaskan Perkembangan dari Sistem Teknologi Informasi !
Ada beberapa tahap perkembangannya yaitu sebagai berikut :
- SDLC ( System Development Life Cycle ), yang menempuh tahapan analisis, desain, implementasi dan perawatan dalam siklus hidupnya.
- Metode Paket (Package), yang merupakan pembelian modul dalam bentuk paket STI.
- Prototype, mengandalkan pengembangan paket kecil secara terus-menerus selama digunakan sampai prototype tersebut memiliki bentuk jadi yang diinginkan.
- EUC (End User Computing) yang dikembangkan para praktisi dari dalam/insourcing.
- Outsourcing, yang merupakan STI yang dikembangkan dan dioperasikan oleh pihak ketiga/vendor.
5.Aplikasi apa saja yang termasuk dalam sistem otomatisasi kantor ?
Sistem terotomasi mempunyai beberapa komponen yaitu diantaranya ;
- Perangkat keras (CPU, disk, printer, tape).
- Perangkat lunak (sistem operasi, sistem database, program pengontrol komunikasi,
program aplikasi).
- Personil (yang mengoperasikan sistem, menyediakan masukan, mengkonsumsi keluaran
dan melakukan aktivitas manual yang mendukung sistem).
- Data (yang harus tersimpan dalam sistem selama jangka waktu tertentu).
- Prosedur (instruksi dan kebijakan untuk mengoperasikan sistem).
6.Jelaskan 5 peran dari Sistem Teknologi Informasi dan contoh masing-masing perannya !
Peran-peran dari STI yaitu :
- Efisiensi : Pengolahan Transaksi (TPS) dan Process Control System (PCS)
- Efektivitas : SIM, DSS, GIS, EIS ( Menyediakan informasi bagi para manager di organisasi untuk mendukung proses pengambilan keputusan dng lebih efektif.
- Komunikasi : Menerapkan OAS ( Office Automation Systems) yang mengintegrasikan pengguna system teknologi informasi termasuk oara manager secara elektronik, e-mail, chat
- Kolaborasi : video conference, teleconference.
- Kompetitif : Meningkatkan daya kompetisi, menggunakan SIS (Strategic Information Systems)










Konsep dasar sistem, informasi dan Sistem Teknologi Informasi

1.Apa itu sistem ? Jelaskan dan beri contoh !
Sistem adalah suatu kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Contoh dari sistem yaitu OS ( Operasi System ) dalam komputer.
2.Apa itu informasi ? jelaskan !
Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi = input - proses – output.
3.Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang membuat informasi berguna bagi pemakainya?
- Tepat pada kebutuhannya
- Tepat pada waktunya
- Tepat nilainya
4.Komponen apa didalam yang dapat membuat output menjadi relevan ?
Komponennya yaitu informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak memiliki bias atau menyesatkan. Informasi yang dihasilkan harus mencerminkan maksudnya. Keakuratan informasi seringkali bergantung pada keadaan.
5.Komponen apa didalam sistem informasi yang dapat membuat output menjadi tepat waktu ?
Informasi harus ada ketika dibutuhkan. Informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
6.Komponen apa didalam sistem informasi yang dapat membuat output menjadi tepat nilai?
Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya
mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.
7.Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen dari sistem teknologi informasi?
Komponen-komponennya :
- Hardware, biasanya berupa perangkat komputer standar, media penyimpan sekunder dan media komunikasi untuk sistem jaringan.
- Operating System, yakni merupakan perangkat lunak yang memfungsikan, mengendalikan seluruh sumber daya dan melakukan operasi dasar dalam sistem komputer. Harus sesuai dengan DBMS yang digunakan
- DataBase, yakni basis data yang mewakili sistem tertentu untuk dikelola. Sebuah sistem basis data bisa terdiri dari lebih dari satu basis data.
- DBMS (Database Management System). Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola basis data. Contoh kelas sederhana: dBase, Foxbase, Rbase, MS. Access, MS. Foxpro, Borland Paradox. Contoh kelas kompleks: Borland-Interbase, MySQL, MS. SQL Server, Oracle, Informix, Sybase.
- User, orang-orang yang berinteraksi dengan sistem basis data, mulai dari yang merancang sampai yang menggunakan di tingkat akhir.
- Optional Software, suatu perangkat lunak pelengkap yang mendukung dan bersifat opsional.
8.Jelaskan apa itu basis data!
Basis adalah tempat berkumpul, markas atau sarang sedangkan data adalah suatu fakta dari dunia nyata yang mewakili suatu objek. Jadi, basis data yaitu tempat berkumpulnya data nyata yang mewakili suatu objek.
9. Jelaskan apa itu Relational DBMS! Sebutkan macam-macam produk DBMS !
Relational Database Management System yaitu mengorganisasikan data dalam suatu struktur dan memaksimalkan berbagai cara serta menghubungkan antar kumpulan data yang disimpan dalam database
Macam-macam produknya antara lain :
- Model data relasional (relational)
- Model data hierarki (hierarchical)
- Model data jaringan (network)


10.Jelaskan macam-macam dari sistem pengendalian secara umum ?
Termasuk dalamklasifikasi microcontroler, yaitu memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer.
11.Sistem Teknologi Informasi termasuk dalam klasifikasi sistem apa? Jelaskan!
- Sistem diklasifikasikan sebagai sistem abstrak dan sistem fisik
Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik.
- Sistem diklasifikasikan sebagai sistem alamiah dan buatan manusia
Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia.
- Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertentu dan tak tentu
Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah diprediksi. Interaksi diantara bagian-bagiannya dapat diprediksi dengan pasti, sehingga output dari sistem dapat diramalkan. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.
- Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertutup dan terbuka
Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Secara teoritis sistem tertutup ini ada, tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, tetapi yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup, tetapi tidak benar-benar tertutup). Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini menerima input dan menghasilkan output untuk lingkungan luar atau subsistem yang lainnya.
12.Jelaskan karakteristik dari sistem ?
Karakteristik dari sistem antara lain :
- Komponen Sistem (components)
Sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi , bekerja sama membentuk kesatuan. Komponen-komponen atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap subsistem mempunyai sifat- sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
- Batas Sistem (boundary)
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.
- Lingkungan Luar Sistem (environment)
Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan maupun merugikan. Lingkungan yang menguntungkan harus tetap dijaga dan dipelihara karena merupakan energi dari sistem. Sedangkan lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, karena jika tidak akan mengganggu kelangsungan sistem. • Interface Interface merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Interface ini memungkinkan satu subsistem untuk mengalirkan sumber daya ke subsistem lainnya.
- Input
Input merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Input dapat berupa maintenance input dan signal input. Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk menghasilkan output.
- Output
Output merupakan hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi output yang berguna dan sisa pembuangan. Output dapat menjadi input untuk subsistem yang lain.
- Pengolah Sistem (process)
Suatu sistem mempunyai bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran.
- Sasaran Sistem (objective)
Suatu sistem mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Sasaran dari sistem menentukan input yang dibutuhkan dan output yang akan dihasilkan.


13.Apa yang dimaksud dengan sistem sosioteknologi ?
Sosioteknologi adalah suatu bidang kajian baru yang berusaha melihat pengaruh evolusi teknologi dalam kehidupan sosial.



KONSEP DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN

1.Sebutkan dan jelaskan kegiatan-kegiatan manajemen untuk masing-masing tingkatan !
Kegiatan manajemen antara lain :
- Perencanaan strategi, kegiatan manajemen tingkat atas, sebagai proses evaluasi lingkungan luar organisasi, penerapan tujuan organisasi, dan penentuan strategi-strategi.
- Pengendalian manajemen, sistem untuk menyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang sudah sitetapkan secara efektif dan efisien. Merupakan tingkatan taktik bagaimana manajemen tingkat menengah menjalankan taktik supaya perencanaan strategi dapat dilakukan dengan berhasil.
- Pengendalian operasi, sistem untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efektif da efisien. Ini merupakan penerapan program yang telah ditetapkan di pengendalian manajemen. Pengendalian operasi dilakukan di bawah pedoman proses pengendalian manajemen dan difokuskan pada tugas-tugas tingkat bawah
2.Bagaimana karakteristik dari kegiatan-kegiatan manajemen ? jelaskan !
- Perencanaan strategi
- Pengendalian manajemen
- Pengendalian operasi
3.Bagaimana karakteristik dari keputusan-keputusan manajemen ? jelaskan !
Karakteristiknya yaitu :
- Keputusan terprogram, keputusan yang berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat diprogram.
- Keputusan setengah terprogram, keputusan yang sebagian dapat diprogram, sebagian berulang-ulang dan rutin dan sebagian tidak terstruktur.
- Keputusan tidak terprogram, keputusan yang tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi.
4.Jelaskan karakteristik dari informasi untuk tiap-tiap tingkatan manajemen !
Karakteristiknya :
- Kepadatan informasi, untuk manajemen tingkat bawah, karakteristik informasinya adalah detail dan kurang padat, karena terutama digunakan untuk pengendalian operasi. Sedang untuk manajemen yang lebih tinggi tingkatannya mempunyai karakteristik informasi yang semakin tersaring, lebih ringkas dan padat.
- Luas informasi, manajemen bawah karakteristik informasi adalah terfokus pada suatu masalah tertentu karena digunakan oleh manajer bawah yang mempunyai tugas khusus. Untuk manajer tingkat tinggi, karakteristik informasi yang semakin luas karena manajemen atas berhubungan dengan masalah yang luas.
- Frekuensi informasi, manajemen tingkat bawah frekuensi inf yang diterima adalah rutin.manajemen tingkat tinggi frekuensinya tidak rutin
- Waktu informasi, manajemen tingkat bawah inf yang dibutuhkan adalah informasi historis. Untuk manajemen tingkat tinggi, waktu informasi lebih kemasa yang akan datang
- Akses informasi, level bawah membutuhkan informasi yang periodenya berulang-ulang, sebaliknya untuk level tingkat atas periode informasi yang dibutuhkan tidak jelas
- Sumber informasi, karena manjemen tingkat bawah lebih berfokus pada pengendalian internal perusahaan, maka manejer-manajer tingkat bawah lebih membutuhkan informasi dengan data yang bersumber dari internal perusahaan, tetapi manajer tingkat atas lebih berorientasi pada masalah perencanaan strategik yang berhubungan dengan lingkungan luar perusahaan, sehingga membutuhkan informasi dengan data yang bersumber pada eksternal perusahaan.


5.Jelaskan 4 aktivitas dalam proses pengambilan keputusan menurut simon !
- Intellligrnce yaitu pengumpulan informasi untuk mengidentifikasikan permasalahan
- Design yaitu tahap perancangan solusi dalam bentuk alternative-alternatif pemecahan masalah
- Choice yaitu tahap memilih solusi dari alternative-alternatif yang disediakan
- Implementation yaitu tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.
6.Sebutkan system informasi apa saja yang ada di fungsi-fungsi organisasi !




TEKNOLOGI SISTEM KOMPUTER

1.Jelaskan apa itu system computer ! apa saja komponen-komponen dari sistem computer!
Sistem computer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer.
Elemen atau komponen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
2.Sebutkan komponen-komponen dari system computer !
Komponen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
3.Apa yang dimaksud dengan alat masukan ? Sebutkan contohnya !
Alat masukan adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam komputer. Contohnya adalah keyboard, mouse, scanner, joystick, dll.
4.Sebutkan alat-alat input apa saja yang masuk ke dalam kategori pointing device !
Touch screen
Light pen
5.Apa yang di maksud dengan CPU ? sebutkan komponen-komponennya!
CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit, merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU.
6.Jelaskan perbedaan antara RAM dan ROM !
-RAM, adalah salah satu memory didalam komputer yang bersifat sementara(apabila komputer dimatikan maka semua intruksi maupun data yang ada di memory akan hilang) yang digunakan untuk menampung instruksi atau program, untuk memproses data-data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device.Sebagai contoh di dalam task manager di bagian processes ada memory usage nah program2 itu disimpan sementara di dalam ram.
-ROM, adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. ROM tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya permanen. Chip ROM datang dari pabriknya dengan program atau instruksi yang sudah disimpan di dalamnya
7.Apa itu alat keluaran dan macam-macam alat keluaran !
monitor adalah alat untuk melihat hasil kerja dalam bentuk digital. Bentuknya mirip dg layar yg sering disebut dengan Cathode Ray Tube (CTR).
Printer adalah alat untuk mengeluarkan data berupa cetakan. Kecepatan printer dinyatakan dalam CPS (Caracter Per Second) , PPM (Page Per Minute), LPM (Live Per Minute).



8.Apa itu alat simpanan ? sebutkan macam-macamnya ( external memori)!
Eksternal memori adalah suatu tempat atau sarana yang bisa digunakan komputer untuk menyimpan data ataupun program. Dengan demikian, external memory mempunyai fungsi yang hampir sama dengan internal memory. Hanya bedanya, internal memory terletak didalam CPU, external memory berada diluar CPU.
Macam-macamnya : Disket, hardisk, compact disk, magnetic tape.
9.Jelaskan perbedaan antara alat simpanan luar dan dalam !
–alat simpanan dalam adalah kapasitas atau Daya tampungnya datanya kecil maka ini sangat riskan jika anda mengirim istilah kerennya bluetooth :) file file berkapasitas besar, ini akan menjadi memory internal anda overload dan akan terjadi Hang atau Ponsel adan menjadi sangat Lemot, Lelet dan Lambat.
-alat simpanan luar adalah kebalikan dari Internal Memori yang bisa diganti dituker dan ditambah kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan anda. Makin besarnya kapasitas memori External yang anda gunakan makin besar daya tampung file-file yang ada, tetapi perlu diperhatikan juga main besar memori External
10.Apa yang di maksud dengan sequential access storage device (SASD). Contoh !
11.Apa yang di maksud dengan direct access storage device ( DASD ). Contoh !
12.Jelaskan ukuran kapasitas memori !
Ada beberapa perusahaan yang telah membuat standard baru untuk SIM card tapi bersifat proprietary (special) tapi memiliki semua kelebihan dari USB dan MMC, tapi ternyata standard proprietary yang disodorkan telah ditolak karena takut akan adanya biaya ijin penggunaan.Jika sekarang sudah ada SIM card 128 MB, maka setelah 2 tahun mendatang ketika handphone model baru keluar yang telah mendukung SIM card generasi mendatang maka ukuran kapasitas SIM card akan sangat bertambah lagi, mungkin mencapai hingga ukuran gigabyte.
13.Jelaskan ukuran kecepatan proses computer !
Untuk menentukan jumlah data per detik, kecepatan tersebut dibagi dengan angka delapan. Hasilnya 7 Kbps untuk modem dan 256 Kbps untuk broadband.Dengan rumus hitungan ini, cukupmudah membandingkan kecepatan koneksi broadband dengan ukuran kapasitas hard disk. Gampangnya begini, jika ruang kosong di hard disk sebesar 6 GB dan kecepatan koneksi 2 Mbps, perlu. waktu 1.536 detik (atau 25,6 menit) untuk mengisi ruang tersebut. Prinsip serupa juga bisa diterapkan pada koneksi USB. Misalnya USB 2.0 dengan laju 480 Mbps sebanding dengan 60 Mbps transfer data dengan kecepatan penuh.
14.Apa itu perangkat lunak ? jelaskan tentang perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi ?
Perangkat lunak adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer
- Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
15.Apa itu system operasi ?
Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
16.Jelaskan komponen-komponen dari OS !
Komponen-komponen OS:
Pada umumnya sebuah sistem operasi modern akan terdiri dari komponen sebagai berikut:
Manajemen Proses.
Manajemen Memori Utama
Manajemen Sistem Berkas.
Manajemen Sistem M/K.
Manajemen Penyimpanan Sekunder.
Proteksi dan Keamanan.
17.Jelaskan fungsi-fungsi dari OS !
Fungsi dari OS diantaranya :
Fungsi Sistem Operasi sebagai Kordinator, yang memberikan fasilitas sehingga segala aktivitas yang kompleks dapat dikerjakan dalam urutan yang benar.
Fungsi Sistem Operasi sebagai Pengawal, yang memegang kendali proses untuk melindungi file dan memberi batasan pada pembacaan, penulisan, eksekusi data dan program
Fungsi Sistem Operasi sebagai penjaga gerbang, yang akan mengawasi siapa saja yang dapat masuk kedalam sistem computer
Fungsi Sistem Operasi sebagai pengoptimal, yang akan membuat scedule atas beberapa masukan pengguna, akses basis data, komputasi, keluaran, dan lain sebagainya untuk meningkatkan kinerja system
Fungsi Sistem Operasi sebagai akuntan, yang menjaga pewaktuan CPU tetap berada pada jalur yang benar, penggunaan memori, operasi I/O, penyimpanan pada disk dan lain sebagainya.
- Fungsi Sistem Operasi sebagai serever, yang memberikan pelayanan yang diperlukan pengguna, seperti restrukturisasi direktori file.
18.Jelaskan perbedaan antara multi tasking, multi programming, time sharing, multi processing !
Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama.
Multi-program adalah salah satu teknik penjadwalan dimana tugas (task) yang sedang berjalan tetap berjalan sampai ia melakukan operasi yang membutuhkan waktu untuk menunggu respon dari luar (external event), misalnya membaca data dari disket/CD/dsb, atau sampai komputer memaksa untuk menukar tugas yang sedang berjalan dengan tugas lainnya.
Time-sharing, sebuah cara di mana sebuah sistem mengizinkan beberapa pengguna atau proses untuk menggunakan CPU dan memori.
Multiprocessing adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak.
19.Jelaskan perbedaan antara compiler dan interpleter!
Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut.
Compiler adalah program sistem yang digunakan sebagai alat bantu dalam pemrogaman.Perangkat lunak yang melakukan proses penterjemahan code (dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin.
20.Bagaimana hubungan perangkat keras dan lunak ?
Komponen2 ini mempunyai massa dan akan diinstalasi dengan obeng. Setiap perangkat keras memiliki garansi .Sedangkan Perangkat Lunak adalah kebalikan dari Perangkat Keras yakni bagian2 yg non material dari komputer.
21.Apa yang dimaksud drngan BIOS dan jelaskan dengan OS dan perangkat keras !
BIOS, yaitu singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak.




TEKNOLOGI SISTEM TELEKOMUNIKASI

1.Jelaskan apa yang di maksud system telekomunikasi. Sebutkan komponen dalam system teknologi !
Sistem telekomunikasi adalah suatu kesatuan yang terdiri dari bagian yang lebih kecil saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu yaitu penukaran informasi.
Komponen-komponennya yaitu :
Pengirim
Pemroses komunikasi
Media transmisi
Perangkat lunak
Komputer penerima
2.Jelaskan perbedaaan antara kabel tembaga biasa, koaksial kable, fiber optic !
- Kabel Coaxial adalah jenis kabel yang mampu mentransmisi pesan dalam bentuk data, gelombang suara, video dan multimedia. Kabel coaxial terdiri dari konduktor (kabel inti penghantar data), isolator dalam , dan isolator luar. Kabel ini biasanya dapat ditemukan pada televisi. Bentuk data pada televisi berupa gambar dan suara dapat proses secara baik oleh kabel coaxial ini.
- Kabel Coaxial terbuat dari tembaga. Namun, yang membedakannya dengan kabel UTP adalah konstruksi kabel dan bentuknya yang lebih besar. Semakin besar kabel Coaxial, maka semakin besar pula kapasitas pengiriman data yang dapat dilakukan. Sifat kabel Coaxial ini adalah kemampuan akomodasi jarak lebih jauh dibandingkan UTP, kecepatan lebih tinggi, dan harganya lebih mahal.
- Serat Optik adalah jenis kabel yang menggunakan daya cahaya untuk mentransmisi data. Kabel ini dapat memproses sinyal analog maupun digital.Kabel serat optik terdiri dari silinder inti dan silinder luar (pembungkus silinder inti). Kekurangan serat optik adalah harga dan biaya instalasi yang relatif mahal . Kelebihan serat optik adalah mampu mentransmisi data dengan jarak yang jauh,kapasitas data yang jauh lebih besar, bentuk yang relatif kecil, kecepatan tinggi , tidak rentan terhadap gangguan, serta bahan dasarnya (kaca) yang bisa diperbarui.
3.Jelaskan perbedaan antara tipe transmisi satu arah, transmisi 2 arah bergantian, transmisi 2 arah serentak. Contoh !
- Tipe transmisi satu arah (one way tarnsmision) / Simplex. Merupakan kanal transmisi yang hanya dapat membawa informasi data dalam bentuk satu arah saja, tidak bisa bolak-balik. Pengiriman data dari satu computer dan computer lain yang searah (computer yang satu sebagai pengirim dan komputer yang lainnya sebagai penerima) merupakan contoh transmisi satu arah. Contoh : siaran radio atau televisi
- Transmisi dua arah bergantian (either way transmision) / Half Dumplex. Tipe transmisi dua arah bergantian (two way transmission atau half duplex) merupakan kanal transmisi dimana informasi data dapat mengalir dalam dua arah yang bergantian (satu arah dalam suatu saat tertentu), yaitu bila satu mengirimkan, yang lain sebagai penerima dan sebaliknya, tidak bisa serentak. Dengan transmisi dua arah bergantian maka dapat mengirim dan menerima data. Contoh : walkie-talkie.
- Tipe transmisi dua arah serentak (both-way transmission atau full-duplex) merupakan kanal dimana informasi data dapat mengalir dalam dua arah secara serentak (dapat mengirim dan menerima data pada saat bersamaan). Contoh : komunikasi lewat telepon.
4.Jelaskan perbedaan antara mode transmisi paralel dan transmisi seri !
- Tranmisi Data Secara Paralel. Pada cara paralel, bit-bit yang membentuk karakter dikirimkan secara bersamaan melalui sejumlah penghantar yang terpisah. Sistem Pengiriman Paralel hanya ekonomis untuk transmisi data jarak pendek, jika jaraknya terlalu jauh, maka efek skew akan sering terjadi. Efek Skew adalah suatu efek yang terjadi pada pengiriman sejumlah bit secara serentak dan tiba pada tempat yang dituju dalam waktu yang tidak bersamaan. Sehinga terkadang menyebabkan data rusak.
- Tranmisi Data Secara Seri. Sistem pengiriman data digital, dimana beberapa bit dikirim secara berurutan dengan menggunakan satu jalur (penghantar), penerima kemudian merakit kembali menjadi karakter Hanya ada dua penghantar, yaitu penghantar pengiriman dan penghantar penerima. Pengiriman dimulai dari LSB (Least Significant Bit) dan diakhiri MSB (Most Significant Bit).
5.Jelaskan perbedaan antara synchronous transmition dengan asynchronous transmition!
- Pengiriman Data Tak Sinkron. Pada pengiriman data tak sinkron, setiapkarakter dikirim ebagai satu kesatuan bebas,yang berarti bahwa waktu antara pengiriman bit terakhir dari sebuah karakter dan bit pertamadari karakter berikutnya tidak tetap.
- Pengiriman Data Sinkron. Pada pengiriman data sinkron, sejumlah blok data dikirmkan secara kontinu tanpa bit awal dan bit akhir.
6.Apa itu perangkat lunak komunikasi. Dimana letaknya ?
Perangkat lunak komunikasi adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Letaknya yaitu berada didalam OS.
7.Apa yang di sebut dengan ISDN ? Sebutkan !
ISDN adalah layanan telepon digital penuh, memberikan data, suara, dan video melalui saluran telepon yang sudah ada jaringan.
8.Apa yang di sebut dengan protocol dan handshaking ?
Handshaking adalah sebuah proses otomatis yang secara dinamis set negosiasi parameter saluran komunikasi dibangun antara dua entitas sebelum normal saluran komunikasi di atas dimulai. It follows the physical establishment of the channel and precedes normal information transfer. Ini mengikuti pembentukan fisik dan mendahului saluran transfer informasi normal. Sedangkan Protokol Internet (Inggris Internet Protocol disingkat IP) adalah protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP
9.Jelaskan jenis, kelebihan, kelemahan dari topologi yang ada dalam jaringan computer!
- Topologi bus: kelebihannya adalah pengembangan jaringan baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu jaringan lain. Kelemahannya bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka seluruh jaringan akan mengalami gangguan.
- Topologi star: kelebihannya jika terdapat kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut, tingkat keamanan tinggi, tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk, penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah. Kekurangannya jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti
- Topologi ring : kelebihannya dapat mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Kelemahannya komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.
- Topologi mesh : kelebihannya menghubungkan seluruh computer secara langsung. Kelemahannya rumit, tidak praktis, mahal
- Topologi tree : kelebihannya dapat terbentuk suatu kelompok yang terdiri atas terminal penjualan. Kelemehannya apabila simpul lebih tinggi kemudian tidak berfungsi maka kelompok lainnya yang berada sibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif, dan lambat cara kerjannya.
10.Apa yang di maksud dengan value added network ( VAN )
VAN atau Value Added Network yaitu suatu jaringan yang menawarkan layanan host yang bertindak sebagai perantara antara mitra bisnis berbagi berbasis standar atau kepemilikan berbagi data melalui Proses Bisnis. The offered service is referred to as "Value-added Network Service".



11.Jelaskan perbedaan antara teleprocessing system, client server system, resource sharing system, distributed data processing system !
- Client server system adalah jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer.
- Resource sharing adalah seluruh program, peralatan dan data
yang dapat digunakan oleh setiap orang yang ada dijaringan tanpa
dipengaruhi lokasi sesumber dan pemakai. Misalnya: Staff BIRO Akademik
mengirimkan daftar mahasiswa baru ke perpustakaan dalam bentuk print
out dengan langsung mencetaknya di printer perpustakaan dari komputer
di BIRO akademik. Atau sebaliknya staff perpustakaan mendapatkan
langsung file daftar mahasiswa baru yang disimpan di komputer staff BIRO
akademik.
- Distributed data processing system adalah jaringan pemrosesan data terdistribusi terdiri dari banyak komputer yang tergabung di dalam suatu jaringan komputer dimana antara yang satu dengan yang lain dapat saling membantu. Misalnya, sebuah komputer anggota jaringan ingin memproses suatu data tetapi fasilitas lokal yang tersedia tidak memadai, maka komputer tersebut dapat minta bantuan pada komputer lain pada jaringan terebut untuk memproses datanya dan apabila telah selesai mengirimkannya kembali.
- Teleprocessing system adalah pengolahan data di mana beberapa fungsi yang dilakukan
di tempat yang berbeda dan dihubungkan oleh transmisi fasilitas
12.Apa yang di maksud dengan timesharing system ?
Timesharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai
13.Jelaskan perbedaan antara data base server dan file server ?
- Base server adalah sebuah data base yang dipasang sebagai back-end atau komponen server pada sistem client-server, yang diaksesnya bisa melalui LAN oleh beberapa client, atau aplikasi front-end lewat bahasa query, khususnya SQL. Bagian servernya bertanggung jawab atas pembaharuan record, untuk memastikan bahwa banyak akses sekaligus tersedi bagi para pengguna yang sah, melindungi data, dan berkomunikasi dengan server lainnya yang menyimpan data yang relevan. Client mengakhiri record permintaan program dan selanjutnya memodofikasinya, sedangkan server mencarikan record untuk client tersebut dan menambahkan record baru.
- File server adalah suatu komputer yang berfungsi sebagai komponen penyimpanan jaringan lokal dan bisa mengatur agar para pengguna bisa memakai bersama-sama hard disk, file dan tempat penyimpanan file.


















APLIKASI SISTEM INFORMASI DI FUNGSI-FUNGSI ORGANISASI

1.Laporan yang dihasilakan oleh system pengolahan transaksi merupakan informasi-informasi pencatatan nilai. Jelaskan yang membutuhkan laporan ini !

2.Sebutkan system-sistem informasi apa saja yang si masukkan dalam kategori system-sistem informasi fungsional ?

3.Jelaskan apa yang di maksud denga SI akuntansi. Sebutkan aplikasi apa saja yang dapat dilakukan oleh SIA !
Sistem informasi akuntansi adalah sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.
4.Jelaskan apa yang di maksud dengan SI pemasaran. Sebutkan aplikasi apa saja yang dapat dilakukan oleh SIPEM !
Sistem pemasaran adalah kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan.aplikasinya adalah PS( transaction processing unit)
5.Jelaskan apa yang di maksud denga SI produksi. Sebutkan aplikasi apa saja yang dapat dilakukan oleh SIPRO !
Sistem produksi adalah kegiatan untuk menghasilkan produk-produk yang diinginkan oleh sebuah perusahaan untuk memperoleh laba.
6.Jelaskan apa yang di maksud denga SI SDM. Sebutkan aplikasi apa saja yang dapat dilakukan oleh SI SDM !
Sistem sumber daya adalah sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. Aplikasinya adalah enterprise resource planning (ERP).
7.Jelaskan apa yang di maksud denga SI keuangan. Sebutkan aplikasi apa saja yang dapat dilakukan oleh SI keuangan !
Sistem informasi keuangan adalah sistem informasi yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan.
8.Melalui informasi yang dihasilkan. SIA punya 3 tujuan utama. Jelaskan!
Tujuannya :
- Untuk mendukung operasi-operasi sehari-hari (to Support the –day-to-day operations).
- Mendukung pengambilan keputusan manajemen (to support decision making by internal decisionmakers).
- Untuk memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggung-jawaban (to fulfill obligations relating to stewardship).

9.Gambarkan komponen dari SIPEM !


10.Sebutkan output dari system informasi pemasaran untuk masing-masing tingkatan manajemen !
11.Sebutkan model yang banyak digunakan dalam SIPEM !
Modelnya antara lain :
- Produk (product)
- Tempat (place)
- Promosi (promotion)
- Harga (price)
12.Sebutkan file basis data yang digunakan si SIPEM!
Data yang digunakan oleh Subsistem out put berasal dari data base.
13.Jelaskan komponen input SIPEM!
Subsistem intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran. Subsistem peneliti pemasaran menlakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran.
14.Siapa pemakai informasi SIPEM
Manajer pemasaran dapat mengunakan penelitian pemasaran untuk mengumpulkan segala jenis informasi tetapi sebagian besar kegiatan ditujukan pada pelanggan dan calon pelanggan.
15.Gambarkan komponen dari SIPRO !
16.Sebutkan output dari SIPRO untuk masing-masing tingkatan manajemen !
17.Sebutkan model yang banyak digunakan dai SIPRO !
Modelnya antara lain :
- Produk (product)
- Tempat (place)
- Promosi (promotion)
- Harga (price)
18.Sebutkan file basis data yang digunakan si SIPRO!
19.Jelaskan komponen input SIPRO!
20.Siapa pemakai informasi SIPRO?
Sistem ini mendapatkan dan memproses data mengenai semua aktivitas yg mencakup produksi yg baik dan pelayanan (services) kepada konsumen.
21.Gambarkan komponen dari SI SDM!
22.Sebutkan output dari SI SDM untuk masing-masing tingkatan manajemen !
23.Sebutkan model yang banyak digunakan dai SI SDM !
24.Sebutkan file basis data yang digunakan si SI SDM !
25.Jelaskan komponen input SI SDM !
26.Siapa pemakai informasi SI SDM ?
Staf, manajer, pekerja berpengetahuan (knowledge worker) Spesialis Teknologi Informasi.
27.Gambarkan komponen dari SI-K !
28.Sebutkan output dari SI-K untuk masing-masing tingkatan manajemen !
29.Sebutkan model yang banyak digunakan dai SI-K !
Subsistem peramalan
Subsistem manajemen pendanaan
Subsistem pengendalian
30.Sebutkan file basis data yang digunakan si SI-K !
Elemennya yaitu entitas dan aribut.
31.Jelaskan komponen input SI- K!
- Informasi Pemegang Saham
- Laporan tahunan atau triwulan
- Informasi Masyarakat Keuangan
- Pengaruh Lingkungan pada Arus Uang
- Lingkungan berpengaruh langsung atau tidak langsung pada arus uang melalui perusahaan


32.Siapa pemakai informasi SI-K ?
33.Apa yang dimaksud ERP ?
ERP adalah suatu sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.
34.Sebutkan manfaat ERP !
Manfaatnya :
- Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis
- Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui
enterprise
- Menghasilkan informasi yang real-time
- Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan
perencanaan
35.Jelaskan kelemahan-kelemahan ERP !
- Terbatasnya kustomisasi dari perangkat lunak
ERP
- Sistem ERP sangat mahal
- Perekayasaan kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industri yang telah dideskripsikan oleh sistem ERP dapat menyebabkan hilangnya keuntungan kompetitif
- ERP sering terlihat terlalu sulit untuk beradaptasi dengan alur kerja dan proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi Sistem dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan
- Data dalam sistem ERP berada dalam satu tempat, contohnya : pelanggan, data keuangan.

36.Apa yang si maksud dengan SAP ?
SAP adalah standard software atau ERP (Enterprise Resources Planning) atau gampangnya software yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan. Prinsipnya, dengan
SAP semua transaksi perusahaan atau semua data yang berhubungan dengan
perusahaan akan di-record dan diproses trus dibuat laporannya untuk
pengambilan keputusan.
37.Jelaskan perbedaan two-tiers dan three-tiers!

























REFERENSI

Perkembangan dan Peranan Sistem Teknologi Informasi :
http://docs.google.com/gview?a=v&q=cache:wP1KN4wcw_MJ:robby.c.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7643/article-mengenal%252520sistem%252520teknologi%252520informasi.pdf+Sistem+Teknologi+Informasi&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESiBRxFDVcXc76u07sXdmmSh1iPEiYjh9PAwebVseKbe9rxkHlgVqRpaxY4UNBQ0Bq2w-s8L3u8L9FdnTDGnRDkERGIxNQEJLvaWEyyphq5UaOQKqIotBSlpkH-GZpR41OH0NpZ7&sig=AFQjCNGQRHKktjy4-Q2rwOo5NkHflBhTcg (4)
http://docs.google.com/gview?a=v&q=cache:b1d7FirID5sJ:lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9100/Slide_OA_Lily.pdf+otomatisasi+kantor&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESg9DI5Gb_l9ksumGTEESDCKLVB41mVG-sBjJXGf-ODeX4ytSt2-meIL9DGPMj8c9YHr8S8RLez2Dfn6y9BhX2_QApv8hvalTdVG0D0yA3Dxag-PTfl1-1fJpzE9Ua9duzOaJpTi&sig=AFQjCNGnTZ86vwSILaXgSCY-6536OxPVHg

Konsep dasar sistem, informasi dan Sistem Teknologi Informasi :
http://www.scribd.com/doc/4026922/DK122-Konsep-Sistem-Informasi (2)
http://docs.google.com/gview?a=v&q=cache:464-Egx4s7sJ:blog.uad.ac.id/aftoni/files/2009/09/Tugas-SIM-konsep-sistem-informasi.pdf+konsep+SI.pdf&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESi9FE24JpKOImkg_hMdBR4TUV2IfSGMe9iohq-vqBJZvT7FuBzHhNnnM-LrVcaFr0D0EIV_PijP8Wi-j64owhNjjNpXNX53p6jQ3hGNmEw5xgKqmLEUFB1a9hvZBCkoB5j6AknF&sig=AFQjCNHTd58LaEauFrSEuVptEyLYS8kO8Q (5,6)
http://id.wikipedia.org/wiki/Sosioteknologi (13)
http://74.125.153.132/search?q=cache:4ruCJRtWSbsJ:ilmutanahunsri.files.wordpress.com/2008/03/kuliah02sisdlpengertian-sistem-dan.ppt+klasifikasi+sistem&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a (11)
http://74.125.153.132/search?q=cache:XiIZ7zwL9DcJ:www.akademik.unsri.ac.id/download/journal/files/gdr/Sistem%2520informasi1.doc+karakteristik+sistem&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a (12)
http://artikel.total.or.id/artikel.php?id=1183&judul=Pengelompokan%20dan%20Klasifikasi%20Komputer
:http://pandutomo.blogspot.com/2009/09/konsep-dasar-pengambilan-keputusan.html

Teknologi Sistem Komputer :
http://www.google.co.id/search?hl=id&client=firefox-a&channel=s&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&q=pengertian+cpu+komputer&meta=cr%3DcountryID&aq=0&oq=pengertian+cpu
http://www.total.or.id/info.php?kk=Sistem%20komputer
http://www.total.or.id/info.php?kk=Sistem%20komputer
http://id.wikipedia.org/wiki/CPU

Teknologi System Informasi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak (6)
http://one.indoskripsi.som/node/7130 (9)
http://susilawati.files.wordpress.com/2007/teknologi-sistem-telekomunikasi-cucu.ppt. (1)
http://www.blogcatalog.com/blog/web-edukasialfiansyah/a554410251c379e98874d7bd95f017d(1)
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabel_data (2)
http://www.scribd.com/doc/14554076/tugas-komdat-1?autodown=doc (3,4,5)
http:id.wikipwedia.org/wiki/topologi_jaringan (9)
http://id.wikipedia.org/wiki/ISDN (7)
http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Internet (8)
http://deardir.irone.org/2009/04/sistem-transmisi-data/ (5)


APLIKASI SISTEM INFORMASI DI FUNGSI-FUNGSI ORGANISASI :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_sumber_daya_manusia (6)
http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_sumber_daya_perusahaan (33)
http://docs.google.com/gview?a=v&q=cache:3EN4Fmn9AMsJ:lulu.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12220/ENTERPRISE%2BRESOURCE%2BPLANNING%2B(ERP).pdf+kelemahan+erp&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESicIzzQ46jeS6sKlegqs4moZ1xRsBKYm23_tEemrmAqkdhJvf3CljVtT8YCubbfYc6gJrFk5cjdHAnuk9FDcNNIzMCqbf7yzbRNHsfKt0yh11XATRhS5MMSaqVXencjc8MLNUkk&sig=AFQjCNGFe03DU2_O068AQ0zzmE-VUbHxXw ( 34,35,36)
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_akuntansi (1)
http://stikomksi2007azwar.wordpress.com/2007/09/16/sistem-informasi-pemasaran/ (4)
http://yurindra.wordpress.com/analisis/sistem-informasi-pemasaran-2/ (4)
http://74.125.153.132/search?q=cache:1sB9JDgoYcgJ:www.docstoc.com/docs/9099906/SISTEM-INFORMASI-KEUANGAN+sistem+informasi+keuangan&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a (7)
http://ferizalramli.wordpress.com/2009/01/02/94/
:http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab13.pdf

DIKSI

DIKSI


BAB I
PENDAHULUAN

Bahasa terdiri atas beberapa tataran gramatikal antara lain kata, frase, klausa, dan kalimat. Kata merupakan tataran terendah & kalimat merupakan tataran tertinggi. Ketika Anda menulis, kata merupakan kunci utama dalam upaya membentuk tulisan. Oleh karena itu, sejumlah kata dalam Bahasa Indonesia harus dipahami dengan baik, agar ide dan pesan seseorang dapat mudah dimengerti. Dengan demikian, kata-kata yang digunakan untuk berkomunikasi harus dipahami dalam konteks alinea dan wacana. Kata sebagai unsur bahasa, tidak dapat dipergunakan dengan sewenang-wenang. Akan tetapi, kata-kata tersebut harus digunakan dengan mengikuti kaidah-kaidah yang benar.
Menulis merupakan kegiatan yang mampu menghasilkan ide-ide dalam bentuk tulisan secara terus-menerus & teratur (produktif) serta mampu mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan, perasaan (ekspresif). Oleh karena itu, ketrampilan menulis / mengarang membutuhkan grafologi, struktur bahasa, & kosa kata. Salah satu unsur penting dalam mengarang adalah penguasaan kosa kata. Kosa kata merupakan bagian dari diksi. Ketepatan diksi dalam suatu karangan merupakan hal yang tidak dapat diabaikan karen ketidaktepatan penggunaan diksi pasti akan menimbulkan ketidakjelasan makna.
Diksi dapat diartikan sebagai pilihan kata pengarang untuk menggambarkan “cerita” mereka. Diksi bukan hanya berarti pilih-memilih kata. Istilah ini bukan saja digunakan untuk menyatakan gagasan / menceritakan suatu peristiwa tetapi juga meliputi persoalan gaya bahasa, ungkapan-ungkapan dsb.













BAB II
PEMBAHASAN


Diksi dapat diartikan sebagai pilihan kata pengarang untuk menggambarkan cerita mereka. Diksi bukan hanya berarti pilih-memilih kata. Istilah ini bukan saja digunakan untuk menyatakan gagasan atau menceritakan peristiwa tetapi juga meliputi persoalan gaya bahasa, ungkapan-ungkapan dan sebagainya. Gaya bahasa sebagai bagian dari diksi yang bertalian dengan ungkapan-unkapan individu atau karakteristik, atau memiliki nilai artistik yang tinggi.

Sebelum menentukan pilihan kata, penulis harus memperhatikan dua hal pokok, yakni: masalah makna dan relasi makna.

1.Makna sebuah kata / sebuah kalimat mrpkan makna yang tidak selalu berdiri sendiri. Adapun makna menurut (Chaer, 1994: 60) terbagi atas beberapa kelompok yaitu :

a.Makna Leksikal dan makna Gramatikal
Makna Leksikal adalah makna yang sesuai dengan referennya, sesuai dengan hasil observasi alat indera / makna yg sungguh-sungguh nyata dlm kehidupan kita. Contoh: Kata tikus, makna leksikalnya adalah binatang yang menyebabkan timbulnya penyakit (Tikus itu mati diterkam kucing).
Makna Gramatikal adalah untuk menyatakan makna-makna atau nuansa-nuansa makna gramatikal, untuk menyatakan makna jamak bahasa Indonesia, menggunakan proses reduplikasi seperti kata: buku yg bermakna “sebuah buku,” menjadi buku-buku yang bermakna “‘ banyak buku.”

b.Makna Referensial dan Nonreferensial
Makna referensial & nonreferensial perbedaannya adalah berdasarkan ada tidaknya referen dari kata-kata itu. Maka kata-kata itu mempunyai referen, yaitu sesuatu di luar bahasa yang diacu oleh kata itu
Kata bermakna referensial, kalau mempunyai referen, sedangkan kata bermakna nonreferensial kalau tidak memiliki referen. Contoh: Kata meja dan kursi (bermakna referen). Kata karena dan tetapi (bermakna nonreferensial)

c.Makna Denotatif dan Konotatif
Makna denotatif adalah makna asli, makna asal atau makna sebenarnya yang dimiliki sebuah leksem. Contoh: Kata kurus, bermakna denotatif keadaan tubuhnya yang lebih kecil & ukuran badannya normal.

Makna konotatif adalah: makna lain yang ditambahkan pada makna denotatif tadi yang berhubungan dengan nilai rasa orang / kelompok orang yang menggunakan kata tersebut. Contoh: Kata kurus pada contoh di atas bermakna konotatif netral, artinya tidak memiliki nilai rasa yang mengenakkan, tetapi kata ramping bersinonim dengan kata kurus itu memiliki konotatif positif, nilai yang mengenakkan. Orang akan senang bila dikatakan ramping.

d.Makna Konseptual dan Makna Asosiatif
Makna konseptual adalah makna yang dimiliki oleh sebuah leksem terlepas dari konteks atau asosiasi apapun. Contoh: Kata kuda memiliki makna konseptual “sejenis binatang berkaki empat yg bisa dikendarai”.

Makna asosiatif adalah makna yang dimiliki sebuah leksem / kata berkenaan dengan adanya hubungan kata itu dengan suatu yang berada diluar bahasa . Contoh: Kata melati berasosiasi dg suatu yg suci / kesucian. Kata merah berasosiasi berani / paham komunis.

e.Makna Kata dan Makna Istilah
Makna kata, walaupun secara sinkronis tidak berubah, tetapi karena berbagai faktor dalam kehidupan dapat menjadi bersifat umum. Makna kata itu baru menjadi jelas kalau sudah digunakan dalam suatu kalimat. Contoh: Kata tahanan, bermakna orang yang ditahan,tapi bisa juga hasil perbuatan menahan. Kata air, bermakna air yang berada di sumur, di gelas, di bak mandi atau air hujan.

Makna istilah memiliki makna yang tetap dan pasti. Ketetapan dan kepastian makna istilah itu karena istilah itu hanya digunakan dalam bidang kegiatan atau keilmuan tertentu. Contoh: Kata tahanan di atas masih bersifat umum, istilah di bidang hukum, kata tahanan itu sudah pasti orang yang ditahan sehubungan suatu perkara.

f.Makna Idiomatikal dan Peribahasa
Yang dimaksud dengan idiom adalah satuan-satuan bahasa (ada berupa baik kata, frase, maupun kalimat) maknanya tidak dapat diramalkan dari makna leksikal, baik unsur-unsurnya maupun makna gramatikal satuan-satuan tersebut. Contoh: Kata ketakutan, kesedihan, keberanian, dan kebimbangan memiliki makna hal yg disebut makna dasar, Kata rumah kayu bermakna, rumah yang terbuat dari kayu.

Makna pribahasa bersifat memperbandingkan atau mengumpamakan, maka lazim juga disebut dengan nama perumpamaan. Contoh: Bagai, bak, laksana dan umpama lazim digunakan dalam peribahasa.

g.Makna Kias dan Lugas
Makna kias adalah kata, frase dan kalimat yang tidak merujuk pada arti sebenarnya.
Contoh: Putri malam, bermakna bulan
Raja siang, bermakna matahari.


2.Relasi adalah hubungan makna yang menyangkut hal kesamaan makna (sinonim), kebalikan makna (antonim), kegandaan makna (polisemi dan ambiguitas), ketercakupan makna (hiponimi), kelainan makna (homonimi), kelebihan makna (redundansi) dan sebagainya.
Adapun relasi makna terbagi atas beberapa kelompok yaitu :
a.Kesamaan Makna (Sinonim)
Sinonim adalah sebagai ungkapan (bisa berupa kata, frase, atau kalimat) yang maknanya kurang lebih sama dengan makna ungkapan lain. Contoh: Kata buruk dan jelek, mati dan wafat, bunga dan kembang
b.Kebalikan Makna (Antonim)
Antonim adalah ungkapan (berupa kata, frase, atau kalimat) yang maknanya dianggap kebalikan dari makna /ungkapan lain. Contoh: Kata bagus berantonim dengan kata buruk; kata besar berantonim dengan kata kecil.

c.Kegandaan Makna (Polisemi dan Ambiguitas)
Polisemi adalah sebagai satuan bahasa (terutama kata atau frase) yang memiliki makna lebih dari satu. Contoh: Kata kepala bermakna ; bagian tubuh dari leher ke atas, seperti terdapat pada manusia dan hewan, bagian dari suatu yang terletak di sebelah atas atau depan, seperti kepala susu, kepala meja,dan kepala kereta api, bagian dari suatu yang berbentuk bulat seperti kepala, kepala paku dan kepala jarum dan Iain-lain.

Ambiguitas atau ketaksaan adalah sebagai kata yang bermakna ganda / mendua arti. Konsep ini tdk salah, tetapi kurang tepat sebab tdk dpt dibedakan dengan polisemi. Contoh:
- Buku sejarah itu baru terbit
- Buku itu berisi sejarah zaman baru.

d.Ketercakupan Makna (Hiponimi)
Hiponimi adalah sebagai ungkapan (berupa kata, frase atau kalimat) yang maknanya dianggap merupakan bagian dari makna suatu ungkapan. Contoh : kata tongkol adalah hiponim terhadap kata ikan, sebab makna tongkol termasuk makna ikan.



e.Kelebihan Makna (Redundansi)
Redundansi dapat diartikan sebagai ‘berlebih-lebihan dalam pemakaian unsur segmental pada suatu bentuk ujaran’. Contoh : Bola di tendang si Udin, maknanya tidak akan berubah bila dikatakan Bola ditendang oleh si Udin. Pemakaian kata oleh pada kalimat kedua dianggap sebagai suatu yang redundansi, yang berlebih- lebihan, dan sebenarnya tidak perlu.

Agar usaha mendayagunakan teknik penceritaan yang menarik lewat pilihan kata maka diksi yang baik harus :
Tepat memilih kata untuk mengungkapkan gagasan atau hal yang diamanatkan’
Diperlukan kemampuan untuk membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna sesuai dg gagasan yg ingin disampaikan & kemampuan untuk menemukan bentuk yg sesuai dengan situasi & nilai rasa pembacanya.
Pilihan kata yg tepat & sesuai hanya mungkin kalau penulis atau pengarang menguasai sejumlah kosa kata (perbendaharaan kata) yg dimiliki masyarakat bahasanya, serta mampu menggerakkan & mendayagunakan kekayaannya itu menjadi jarring-jaring kalimat yang jelas & efektif.

Contoh pengunaan diksi dlm Fakta yg ada di sekitar lingkungan kita adlh :

“Aku suka kamu !
Aku Cinta banget sama kamu !
Mau nggak kamu jadi pacar aku ?!
Soal aku jatuh hati banget sama kamu !”

Adlh kal yg sering dilontarkan oleh remaja-remaja yang sedang mabuk kepayang. Biasanya diucapkan di berbagai reality show sejenis, atau malah hanya ketika seorang Adam “menembak jatuh” seorang Hawa.
Ah, ada kalanya juga kombinasi kalimat ini disertai dg puisi atau 99 tangkai mawar.







“Aku mau bunuh diri aja !”
“Aku mau kabur dari rumah saja !”

Kalau kalimat model ini sering diucapkan di sinetron-sinetron tatkala seorang individu berusaha untuk memaksakan pendapatnya melalui cara yg tdk berperikemanusiaan.
Alasannya mungkin karena dunia atau Tuhan yg dianggap tidak adil, atau hanya karena perlakuan orang lain tidak sesuai kpd dirinya, atau karena memasang harga diri terlalu tinggi.
Tapi akhir - akhir ini sering diterapkan oleh segelintir manusia di dunia nyata.

“Dia kan orang miskin? Ga pantes buat kamu”

Berarti :
Yang mengucapkan itu ”tidak suka orang kere ?!!!”
Mitra bicara orang itu pun ”dipaksa” menerima asumsi pembicara bhw ”tertuduh” adalah sosok ”begundal” atau ”gelandangan”
Yang mengucapkan juga tidak akan merestui kalau anak / saudaranya menikah dg ”orang kere”
Itulah sekilas makna di balik sebuah pilihan kata














BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Diksi dapat diartikan sebagai pilihan kata pengarang untuk menggambarkan cerita mereka Sebelum menentukan pilihan kata, penulis harus memperhatikan dua hal pokok, yakni: masalah makna dan relasi makna.
Makna terbagi atas beberapa kelompok yaitu :
a.Makna Leksikal dan makna Gramatikal
b.Makna Referensial dan Nonreferensial
c.Makna Denotatif dan Konotatif
d.Makna Konseptual dan Makna Asosiatif
e.Makna Kata dan Makna Istilah
f.Makna Idiomatikal dan Peribahasa
g.Makna Kias dan Lugas
Relasi adalah hubungan makna yang menyangkut hal kesamaan makna (sinonim), kebalikan makna (antonim), kegandaan makna (polisemi dan ambiguitas), ketercakupan makna (hiponimi), kelainan makna (homonimi), kelebihan makna (redundansi) dan sebagainya.















DAFTAR PUSTAKA

http://indiwan.blogspot.com/2007/08/diksi-dalam-tulisan.html
http://www.fsrd.itb.ac.id/wp-content/uploads/4%20tyas-iklan.pdf
http://dinamika.uny.ac.id/akademik/sharefile/files/23102008152635_DIKSI.doc.

analisis jurnal

Nama : Raka Fitriayu Perdani/3EA01/10207882
ANALISIS JURNAL
HUBUNGAN EFISIENSI OPERASIONAL DENGAN KINERJA
PROFITABILITAS PADA SEKTOR PERBANKAN
Yuliani

Judul :
Hubungan efisiensi operasional dengan profitabilitas pada sektor perbankan.
Permasalahan :
Masalah atau perumusan masalah pada penelitian ini yaitu, mengkaji bagaimana hubungan antara tingkat efisiensi operasional terhadap kinerja profitabilitas untuk perusahaan perbankan go public di Indonesia.
Latarbelakang :
Dalam pembangunan ekonomi diperlukan peran serta lembaga keuangan untuk membiayai, karena pembangunan sangat memerlukan tersedianya dana. Oleh karena itu, keberadaan lembaga keuangan dalam pembiayaan pembangunan sangat diperlukan. Lembaga perbankan merupakan salah satu tulang punggung perekonomian suatu negara, karena memiliki fungsi intermediasi atau sebagai perantara antara pemilik modal (fund supplier) dengan pengguna dana (fund user).
Tujuan :
Ada beberapa tujuan dalam penelitian ini, yaitu diantaranya :
Mengukur hubungan antara tingkat efisiensi operasional terhadap kinerja profitabilitas perbankan di BEJ.
Menjelaskan tingkat efisiensi operasional sehingga memberikan informasi hubungan terhadap kinerja profitabilitas perbankan di BEJ.
Metodelogi :
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu :
Desain Penelitian : bersifat kausalitas/mencari hubungan sebab akibat yang dijelaskan secara
deskriptif.
Populasi : bank-bank yang terdaftar di BEJ yang terdapat di Indonesian Capital Market
Directory tahun 2006 berjumlah 25 emiten.
Sample : berjumlah 100% atau seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dalam
penelitian.
Objek : laporan keuangan perbankan per 31 Desember 2004 sampai dengan 31
Desember 2006.
Jenis data : data sekunder dan bersifat kuantitatif.
Variabel Dependen : ROA (Return on Assets). digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan yang dihasilkan dari rata-rata total aset bank yang bersangkutan.
Variabel Independen : MSDN, CAR, BOPO dan LDR.
- MSDN adalah pangsa pasar dana pihak ketiga yang dihimpun oleh masing-masing bank secara individu.
- CAR (Capital Adequancy Ratio) adalah rasio yang memperlihatkan seberapa besar jumlah seluruh aktiva bank yang mengandung unsur risiko yang ikut dibiayai dari modal sendiri disamping memperoleh dana-dana dari sumber-sumber diluar bank.
- BOPO (Biaya Operasional terhadap Beban Operasional). Rasio ini digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengendalikan biaya operasional terhadap pendapatan operasional.
- LDR (Loan to Deposit Ratio). Rasio ini digunakan untuk menilai likuiditas suatu bank dengan cara membagi jumlah kredit yang diberikan oleh bank terhadap dana pihak ketiga
Hasil :
Berdasarkan hasil perhitungan besarnya koefisien determinasi R2 adalah 0,792 yang berarti bahwa variabel-variabel bebas dalam penelitian ini secara bersama-sama/simultas mampu memberikan kontribusi terhadap variabel terikatnya (ROA) adalah 79,2%, sedangkan sisanya sebesar 20,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dan berdasarkan hasil statistik deskriptif dari sampel penelitian perbankan menunjukkan rata-rata MSDN sebesar 13,73%, rata-rata BOPO sebesar 89,51%, rata-rata CAR 20,20% dan rata-rata LDR 62,97%.

analisis jurnal

Nama : Raka Fitriayu Perdani/3EA01/10207882
ANALISIS JURNAL
HUBUNGAN EFISIENSI OPERASIONAL DENGAN KINERJA
PROFITABILITAS PADA SEKTOR PERBANKAN
Yuliani

Judul :
Hubungan efisiensi operasional dengan profitabilitas pada sektor perbankan.
Permasalahan :
Masalah atau perumusan masalah pada penelitian ini yaitu, mengkaji bagaimana hubungan antara tingkat efisiensi operasional terhadap kinerja profitabilitas untuk perusahaan perbankan go public di Indonesia.
Latarbelakang :
Dalam pembangunan ekonomi diperlukan peran serta lembaga keuangan untuk membiayai, karena pembangunan sangat memerlukan tersedianya dana. Oleh karena itu, keberadaan lembaga keuangan dalam pembiayaan pembangunan sangat diperlukan. Lembaga perbankan merupakan salah satu tulang punggung perekonomian suatu negara, karena memiliki fungsi intermediasi atau sebagai perantara antara pemilik modal (fund supplier) dengan pengguna dana (fund user).
Tujuan :
Ada beberapa tujuan dalam penelitian ini, yaitu diantaranya :
Mengukur hubungan antara tingkat efisiensi operasional terhadap kinerja profitabilitas perbankan di BEJ.
Menjelaskan tingkat efisiensi operasional sehingga memberikan informasi hubungan terhadap kinerja profitabilitas perbankan di BEJ.
Metodelogi :
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu :
Desain Penelitian : bersifat kausalitas/mencari hubungan sebab akibat yang dijelaskan secara
deskriptif.
Populasi : bank-bank yang terdaftar di BEJ yang terdapat di Indonesian Capital Market
Directory tahun 2006 berjumlah 25 emiten.
Sample : berjumlah 100% atau seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dalam
penelitian.
Objek : laporan keuangan perbankan per 31 Desember 2004 sampai dengan 31
Desember 2006.
Jenis data : data sekunder dan bersifat kuantitatif.
Variabel Dependen : ROA (Return on Assets). digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan yang dihasilkan dari rata-rata total aset bank yang bersangkutan.
Variabel Independen : MSDN, CAR, BOPO dan LDR.
- MSDN adalah pangsa pasar dana pihak ketiga yang dihimpun oleh masing-masing bank secara individu.
- CAR (Capital Adequancy Ratio) adalah rasio yang memperlihatkan seberapa besar jumlah seluruh aktiva bank yang mengandung unsur risiko yang ikut dibiayai dari modal sendiri disamping memperoleh dana-dana dari sumber-sumber diluar bank.
- BOPO (Biaya Operasional terhadap Beban Operasional). Rasio ini digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengendalikan biaya operasional terhadap pendapatan operasional.
- LDR (Loan to Deposit Ratio). Rasio ini digunakan untuk menilai likuiditas suatu bank dengan cara membagi jumlah kredit yang diberikan oleh bank terhadap dana pihak ketiga
Hasil :
Berdasarkan hasil perhitungan besarnya koefisien determinasi R2 adalah 0,792 yang berarti bahwa variabel-variabel bebas dalam penelitian ini secara bersama-sama/simultas mampu memberikan kontribusi terhadap variabel terikatnya (ROA) adalah 79,2%, sedangkan sisanya sebesar 20,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dan berdasarkan hasil statistik deskriptif dari sampel penelitian perbankan menunjukkan rata-rata MSDN sebesar 13,73%, rata-rata BOPO sebesar 89,51%, rata-rata CAR 20,20% dan rata-rata LDR 62,97%.